Tips Membuat Suara Burung Lovebird Agar Terdengar Ngekek Panjang

Tak bisa dipungkiri lagi jika memelihara hewan adalah sebuah hobi yang mengasyikan. Selain anjing dan kucing ada beberapa jenis hewan yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Salah satunya adalah burung. Jenis burung yang paling populer dan banyak diminati adalah burung lovebird. Burung yang satu ini tak hanya memiliki tampilan yang menarik saja, tapi juga memiliki suara yang terdengar ngekek panjang. Suara burung lovebird sendiri akan membuat burung ini memenangkan dalam perlombaan. Selain memberikan makanan yang alami dan juga melakukan pemasteran, ada beberapa cara lain untuk membuat suara burung lovebird ini agar ngekek panjang dengan mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk terapi lovebird milik anda agar memiliki suara ngekek panjang dengan cepat.


1. Mandikan dan Jemur burung
Untuk membuat suara burung lovebird agar ngekek panjang bisa dimulai sejak pukul 07.00 pagi. Anda bisa memulainya dengan memandikan burung menggunakan sprayer hingga burung menjadi basah kuyup secara merata. Sebagiknya proses penyemprotan tidak dilakukan mengenai bagian mata. Jika sudah dimandikan, kemudian anda bisa menjemurnya hingga pukul 10.00 pagi. Pastikan tempat penjemurannya aman dan terhindar dari hewan predator yang mengancam nyawanya seperti kucing, tikus, ular dan juga semut. Jangan terlalu lama menjemur burung ini. karena ia harus segera dipindahkan pada suhu ruangan biasa untuk segera beradaptasi.

2. Mandi tahap kedua
Hal ini sama dengan tahap pertama yang sudah dilakukan dipagi hari. Anda bisa mulai dengan menyemprotnya lagi hingga basah secara merata lalu kemudian jemur hingga pukul 12.00 siang. Selain digunakan untuk terapi suara burung lovebird, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengontrol birahi burung yang satu ini. proses penjemurannya berbeda dari tahap satu, anda bisa menjemurnya di dalam rumah supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Usahakan burung ini tetap merasa hangat dengan udara siang. Jangan sampai kepanasan karena ia bisa mati karena salah dalam proses penjemuran tahap kedua ini.

Setelah proses penjemuran tahap kedua ini selesai dilakukan, kemudian anda bisa menggantung kandangnya ditempat biasa sambil diangin-anginkan. Selain itu anda juga bisa menggunakan pemasteran atau mendekatkannya dengan burung lovebird lainnya untuk membuat performa yang dimilii oleh burung lovebird anda menjadi sepadan dan juga berkembang dengan baik.

3. Pakan
Dalam melakukan terapi untuk membuat suara burung lovebird agar terdengar ngekek panjang, pakan merupakan hal utama yang sarus terus diperhatikan. Anda harus mengatur menu dan waktu pemberian pakan burung lovebird secara teratur setiap harinya. Usahakan menu yang diberikan pada burung lovebird ini tak monoton dan juga selalu bervariasi. Dalam pemberian pakan harian, anda bisa memberikan makanan berupa milet putih ataupun merah, biji kenari, biji oat atau haver. Selain itu anda juga bisa memberikan makanan berupa jagung manis, buah apel merah, toge, atau kangkung. Untuk takarannya sendiri anda bisa mengaturnya sebaik mungkin agar burung lovebird tak memiliki berat badan yang berlebih.

Itulah terapi yang bisa dilakukan untuk membuat suara burung lovebird agar terdengar ngekek panjang dengan cepat. Anda bisa melakukannya di rumah sesuai dengan beberapa cara tersebut. Dalam merawat burung lovebird jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang agar burung tersebut tumbuh dengan nyaman. Kebersihan kandang tentunya akan menghindarkan burung dari ancaman penyakit yang berasal dari bakteri. Selain itu jangan lupa juga untuk memberinya berbagai aksesoris pendukung lainnya agar burung merasa senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*