Kenali Lebih Jauh Tentang Ikan Sembilang

Memang ada banyak sekali jenis ikan yang perlu anda ketahui. Ikan Sembilang merupakan jenis ikan yang hidupnya pada muara sungai. Dimana ikan ini masuk dalam deretan ikan yang berkumis. Dari segi ciri khusus pada bagian tubuhnya saja terbilang unik. Biasanya pada bagian sirip punggung kedua, sirip ekor ikan maupun sirip anus menyatu layaknya ekor ikan sidat. Menariknya lagi ikan tersebut masuk dalam kategori ikan karnivora predator yang mampu melahap ikan lainnya yang lebih kecil ukurannya.

Bentuk badan dari ikan tersebut ternyata panjang tanpa adanya sisik dengan 4 pasang sungut dimana 4 sungut ini ada pada bagian atas bibir mulut dan juga 4 sungut lainnya berada pada bagian bawah bibir mulutnya. Ikan ini bisa tumbuh lebih panjang sampai ukuran 134 cm. Pada bagian punggung ikan Sembilang ini tersedia satu sirip punggung lunak dengan adanya duri sirip sekitar 115. Warna dari spesies jenis ini memang sangat bervariasi sekali. Mulai dari coklat kekuningan, abu-abu pucat sampai dengan coklat tua. Menariknya lagi terkadang ada bintik gelapnya. Umumnya bagian perut ikan tersebut warnanya keputihan dan ventral bagian kepalanya.

Apabila kita melihatnya secara sekilas sebetulnya hampir mirip dengan ikan lele. Hanya saja perbedaan bisa anda temukan pada habitatnya. Dimana lele mampu hidup pada air tawar sedangkan ikan Sembilang ini hidupnya pada laut dangkal. Sebetulnya tersedia dua jenis Sembilang yang mampu hidup di Indonesia yakni Sembilang mirip ikan lele dan Sembilang karang dengan adanya belang hitam putih. Pastinya setiap jenisnya mempunyai ciri tersendiri hingga mampu membuat banyak orang bisa dengan mudah membedakan keduanya. Mengapa anda harus merasa ragu pelihara ikan ini. Dimana dari segi pemeliharaan tentunya cukup mudah dilakukan.

Ikan Sembilang ini konon bisa mencapai panjang sampai 134 cm. Dimana ikan predator yang mampu memangsa ikan kecil lainnya ini terbilang ganas sekali. Ikan ini bahkan hidupnya berada di dasar laut sehingga anda bisa dengan mudah menemukannya. Meskipun kelihatannya ganas ternyata cukup banyak juga pecinta ikan yang gemar dengan ikan tersebut. Yang terpenting anda bisa memberikan pakan tepat waktu maka ikan pun tidak akan memangsa ikan kecil yang lain.

Menurut hasil penelitian ternyata organisme tersebut ditemukan dalam saluran pencernaan. Yang mana terdiri atas lima jenis yakni ikan, potongan kepiting, cacing maupun keong. Inilah mengapa Sembilang masuk dalam golongan ikan karnivora. Pola pertumbuhan ikan ini seiring dengan pertumbuhan bobotnya. Biasanya ikan dewasa sudah mampu hidup dalam kelompok yang kecil.

Ikan jenis ini memang digemari oleh masyarakat luas. Tentunya hal ini tak lain dikarenakan rasanya yang terbilang enak bahkan juga mengandung banyak gizi. Khasiatnya begitu banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Biasanya ikan ini dikonsumsi dalam bentuk ikan asap. Jadi bagi anda para pecinta ikan asap sudah seharusnya memilih ikan tersebut. Cita rasa yang gurih bisa anda peroleh dari ikan Sembilang. Dengan cara dibakar, digoreng maupun dipepes menggunakan bungkus daun pisang ternyata begitu lezat sekali.

Jika memang berkeinginan ada kuahnya sebaiknya anda menobanya dengan mengolan asam peda ikan Sembilang. Dimana hidangan ini begitu lezat berkat tekstur daging lembut dan jumlah duri yang sedikit. Siapapun orangnya pasti bakalan tertarik ingin mengolah ikan yang lezat ini. Mengapa anda harus merasa ragu jika memang banyak cara bisa anda lakukan dalam pengolahan ikan Sembilang. Siapapun orangnya sudah pasti mengincar ikan yang terkenal kelezatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*